Itu uji bodoh (The idiot test versi Indonesia) : Review mobile game


Puzzle free mobile game review : Itu uji bodoh (The idiot test versi indonesia)


Itu uji bodoh? What?? Apaan tuh? Lah. Mungkin di benak beberapa orang mungkin sang developer menggunakan google translate untuk mentranslasikan game ini ke versi indonesia. Tapi setelah saya tes google bisa mengartikannya dengan benar. Yaaaa... Kalo pendapat saya sih judul game ini merupakan salah satu cara dari sang developer untuk membuat para usernya penasaran dengan game ini. Temanya juga tentang "bodoh". Jadi judulnya nyambung sama gamenya :D


Intro
Itu uji bodoh merupakan game kecerdasan yang sama persis dengan game berjudul The idiot test keluaran Mannyappsny. Bisa dibilang ini merupakan game The idiot test versi Indonesia. Dan ternyata sang publisher memang tercatat memiliki game yang sama dengan berbagai bahasa. Wuih. Niat kali yah. Mungkin karena sasaran utama dari game ini adalah kalangan anak-anak. Jadi sang publisher/developer membuat beberapa versi bahasa dari game ini agar lebih hemat memori (dibandingkan satu game dengan banyak bahasa).


Hingga tulisan ini dibuat, tercatat ada 7 versi bahasa yang ada di akun publisher. Untuk saya yang belum pernah mencicipi game The idiot test. Memainkan game ini merupakan hal yang baru.


Gameplay
Rata-rata game teka-teki mengusung gameplay yang sama. Point and click, geser-geser, goyang-goyang hp, atau cara lain yang hampir mirip. Jadi bagi anda yang biasa memainkan game puzzle hal ini bukan merupakan hal yang aneh lagi karena game yang satu ini menerakan konsep yang sama. Perbedaannya tidak ada pemilihan level yang menjadi nilai positif dan nilai negatif. Positifnya game akan lebih menantang. Karena kamu harus mencapai titik aman agar dapat lanjut game ketika kamu gagal. Negatifnya (bagi pemain) game ini akan terkesan begitu-begitu saja.

Buat yang pertama main game ini mungkin akan lama memainkannya (kecuali kalau melihat tutorial di internet ya :D). Cuma buat yang udah sering bukan suatu hal yang susah untuk menamatkan game yang satu ini karena soal yang ada merupakan soal yang sama bahkan tidak ada pengacakan soal. Tapi overall buat yang baru main patut dicoba download nih /wahaha

Device
Saya menggunakan ZenFone C untuk menjalankan game ini. Tidak ada kendala. Tidak ada lag yang muncul. Jadi jika kamu memiliki perangkat hp yang setara atau lebih tinggi, kamu tidak akan menemukan lag pada game.
(Catatan : HP yang digunakan khusus untuk tes game. Tidak ada aplikasi background kecuali BBM yang nonaktif)

Nasihat bang mamat
Buat player yang belum pernah memainkan game ini sebaiknya memainkan game ini sendirian. Rame-rame juga boleh asal tidak ada salah satu dari kalian yang pernah memainkan game ini. Ga mau kan lagi asiknya main terus jawabannya dispoiler sama temen disamping. /hmm

Buat developer nih. Saran saya level dari game dibuat banyak. Makin banyak makin bagus. Dan levelnya diacak. Kalau mau tampil beda buat fitur "change quiz" atau ubah soal (bukan update, tapi change). Jadi soal akan diubah menggunakan koneksi data. Kan seru walaupun cuma 20 soal. Tapi berganti-ganti. Ini nih yang belum dimiliki pada semua game teka-teki. (pusing-pusing dah tuh yang buat soal /wahaha)

Sekian dulu review kali ini. Sampai jumpa di review berikutnya.

Ngegame boleh bro. Tapi jangan lupa istirahat. Kalo sakit kan ga bisa main game. Kesehatan tetep paling penting.
Keep gaming.. Keep healthy..
Share on Google Plus

0 comments: