Antara android, iOS, atau Windows Phone dari segi game/gaming

Image source : http://www.bedahtekno.com/cheat-chat/di-tahun-2016-windows-phone-akan-melumat-keperkasaan-android/
Halo teman-teman semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa OS yang ada pada mayoritas perangkat mobile. Namun pembahasan ini tidak akan membahas OS secara menyeluruh melainkan hanya membahas dalam sisi gaming saja. Yuk semuanya kita bahas bareng-bareng.
(Catatan : artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi menjalankan game dan membaca beberapa review di internet. Jadi review ini 80% berdasarkan pengalaman)

Kualitas
Dari segi kualitas iOS menduduki peringkat pertama. Sudah bukan rahasia lagi susahnya proses pendaftaran akun developer iOS. Para developer disulitkan dengan proses pendaftaran yang lumayan rumit. Namun hal ini bukan tanpa alasan. Dengan susahnya proses pendaftaran, tidak semua developer bisa mendaftarkan diri secara mudah ke App Store. Hal inilah yang membuat kualitas aplikasi dan game yang ada pada App Store menjadi lebih berkualitas dibandingkan dengan Play Store ataupun Windows Store.
Image source : http://www.ibroadcastnetwork.org/

Bisa anda lihat aplikasi dan game yang ada pada App Store lebih berkualitas dibandingkan dengan rival-rivalnya. Hal ini kebanyakan disebabkan oleh publisher yang setengah-setengah menekuni dunia mobile game. Bahkan ada beberapa hanya mempublish aplikasi dan game yang asal-asalan dan kurang bermutu sehingga dapat menurunkan kualitas dari store itu sendiri.
Image source : crackberry.com

Susahnya pendaftaran akun developer tidak serta merta menjadi nilai positif bagi iOS. Dengan adanya hal ini developer-developer indie bintang lima (baca : berkualitas) tidak akan bisa berselancar jauh di dunia App Store yang mengakibatkan sedikitnya game-game indie yang bisa dibilang cukup berkualitas dan berkurangnya pilihan game indie bagi para mobile gamer.
Image source : mimovilwindows.com

Windows phone memiliki game paling sedikit. Dan terkadang beberapa game yang top di android dan iOS tidak ada pada windows phone. Hanya kloningannya saja yang menyerupai game android dan iOS. Namun windows phone memiliki kelebihan tersendiri. Yaitu hadirnya game-game berlabel XBOX pada Windows Store. Tentunya game-game berlaber XBOX ini merupakan game-game yang kualitasnya dapat diacungin jempol. Walaupun tidak semua game berlabel xbox ini kompatibel dengan perangkat windows phone anda.

Kuantitas
Dari segi kuantitas Android menang tipis dari iOS. Hingga mei 2015, tercatat sekitar 1,5juta aplikasi dan game yang dipublish di play store, disusul oleh iOS dengan 1,4juta aplikasi dan game. Terakhir diisi oleh rival terakhirnya yang tertinggal jauh dengan 340ribu aplikasi dan game. Sungguh angka yang lumayan jauh dibandingkan dua rivalnya.
(Sumber : http://www.statista.com/statistics/276623/number-of-apps-available-in-leading-app-stores/)
Image source : www.statista.com

Dengan banyaknya pilihan aplikasi dan game, Android memimpin dibandingkan rivalnya yang lain. Banyaknya aplikasi dan game membuat user memiliki pilihan yang lebih banyak.

Performansi
Berdasarkan beberapa pengalaman dan beberapa artikel. Sisi performansi dimenangkan oleh iOS. Salah satu alasannya adalah digunakannya bahasa objective C pada pemrograman aplikasi iOS. Dengan digunakannya objective C, membuat aplikasi iOS lebih baik dijalankan dan lebih baik sistem memorinya. Windows phone menempati peringkat kedua dengan penggunaan C# yang masih lebih baik dibandingkan dengan penggunaan java. Disusul terakhir oleh Android yang menggunakan java. Aplikasi dengan bahasa java disebut-sebut lebih berat karena beberapa aspek, untuk lebih detailnya silahkan lanjut ke sumur bor. :)
(Sumber 1 : http://fajarnugraha.com/mengapa-aplikasi-ios-terlihat-lebih-baik-dari-aplikasi-android/)
(Sumber 2 : http://www.makemac.com/ram-iphone-vs-android/)

Budget
Dari sisi budget Android menang dibandingkan dua pesaingnya. Tidak dapat dipungkiri lagi terkadang ada beberapa aplikasi dan game gratis pada android namun berbayar pada iOS atau windows phone. Seperti contohnya game Bike Race yang berbayar pada Windows Phone. Ataupun Red Ball 4 yang berbayar pada iOS. Dari segi ini android jelas menang banyak dibanding dengan dua pesaingnya. Hal ini terjadi karena susah dan mahalnya biaya developer untuk mendaftar ataupun dikarenakan pemasukan yang sedikit dari iklan sehingga memaksa pihak developer untuk memasang harga pada game.

Kesimpulan
Bagi anda gamer yang menginginkan sisi fleksibilitas, lebih murah, dan mudah penasaran. Sangat disarankan untuk menggunakan android sebagai perangkat mobile game anda. Fleksibilitas yang tinggi, harga aplikasi dan game yang lebih murah dan gratis, serta harga perangkat yang terbilang lebih murah menjadikan Android untuk jadi pilihan utama anda.
Image source : playstore-download.org

Namun bila anda mencari kualitas yang lebih dan juga sanggup merogoh kocek yang lebih silahkan menggunakan iOS. Bagi anda yang hanya memainkan game-game oleh developer menengah ke atas dan tidak suka coba-coba, anda akan bersahabat erat dengan iOS. Selain itu harga perangkat iOS yang lebih mahal dibandingkan rivalnya juga merupakan suatu pertimbangan bagi anda.

Image source : arstechnica.net
Namun bila anda menginginkan konektivitas game atau aplikasi dengan perangkat desktop anda yang mayoritas windows. Windows Phone  merupakan pilihan yang tepat untuk anda.
Image source : winsource.com
Jadi semua perangkat memiliki kelebihan masing-masing dalam aspek gaming. Tinggal anda yang menentukan.
Image source : features.en.softonic.com

Sekian dulu kali ini, sampai jumpa di episode episode yang lain.

Ngegame boleh bro. Tapi jangan lupa makan dan jaga kesehatan.
Keep gaming.. Keep healthy.. Be a healty gamer!!! :)
Share on Google Plus

0 comments: